Saking aku ga punya ide buat nge-post article di blog ini, mending aku cari-cari info lanjutan dari issue seputar Adam Air. Setelah rekaman pembicaraan Pilot Adam Air yang juga dibuatkan teks-nya beredar di internet disusul klarifikasi dari pemerintah khususnya Departemen Perhubungan melalui menteri dan KNKT-nya yang menyatakan kalau rekaman itu paslu.. eh palsu. (asli apa palsu.. ga taulah toh kenyataan rekaman itu ada.. tul ga sist & broth..)
Terus.. hari ini aku terima email yang formatnya obrolan di YM antara seorang yang katanya pilot dengan orang lain, yang juga baru denger rekaman komunikasi Pilot Adam Air na'as itu. Sang Pilot coba menganalisa hasil rekaman itu.
Nah.. dari pada aku ga punya bahan buat posting artikel... buat sekedar info, aku post aja di blog ini.. kayanya seh lumayan buat tambah-tambah info & wawasan kita. So silahkan di baca dan apapun pendapat blogger.. monggo wae..
xxxxxxx (8/1/2008 5:24:50PM): woi
archezus (8/1/20085:24:59PM): apee
xxxxxxx (8/1/2008 5:25:07PM): gw baru dengerin rekaman adam
archezus (8/1/2008 5:25:13PM): asli gak
xxxxxxx (8/1/2008 5:25:16PM): masalah IRS emang
archezus (8/1/2008 5:25:22PM): tau dari mane
xxxxxxx (8/1/2008 5:25:34PM): dari conversation mereka
archezus (8/1/2008 5:25:43PM): yang di bilang ngaco2 ye
xxxxxxx (8/1/2008 5:25:47PM): iye
archezus (8/1/2008 5:25:57PM): IRSnya ngaco ato alatnye yang ngaco
xxxxxxx (8/1/2008 5:26:18PM): IRS emang penting, tapi sebenernye simple kalo handling nye gak salah
archezus (8/1/20085:26:31PM): salah MITnye ato salah yang maintenance
xxxxxxx (8/1/2008 5:26:53PM): IRS emang gak 100% kerja bener
xxxxxxx (8/1/2008 5:26:57PM): gw juga pernah error
xxxxxxx (8/1/2008 5:27:34PM): mreeka udah identify IRS error
xxxxxxx (8/1/2008 5:27:42PM): kita sih bilang nya MAP shift
archezus (8/1/2008 5:27:59PM): jadi udah gak bener lagi posisinye
xxxxxxx (8/1/2008 5:28:07PM): display peta yg di cockpit gak sesuai sama geography aslinya
xxxxxxx (8/1/2008 5:28:08PM): iye
archezus (8/1/20085:28:27PM): trus jatohnye kenape..nabrak?
archezus (8/1/20085:28:50PM): kok ada bunyi kletek2
xxxxxxx (8/1/2008 5:29:14PM): ntar dulu
xxxxxxx (8/1/2008 5:29:36PM): terus mrk konfirmasi sama atc, terus atc bilang posisi sesuai radar atc
xxxxxxx (8/1/2008 5:29:56PM): terus mereka yakin kalo navigasi mreka ada masalah
xxxxxxx (8/1/2008 5:30:46PM): nah mas refri kagak konfirmasi ke Quick Ref Handbook, dia langsung minta IRS di switch ke ATT ("attitude")
archezus (8/1/2008 5:31:02PM): ATT tuh apaan
xxxxxxx (8/1/2008 5:31:32PM): ATT itu "degraded function" dari IRS
xxxxxxx (8/1/2008 5:32:01PM): cuma bisa munculin 'attitude' display / artificial horizon
xxxxxxx (8/1/2008 5:32:05PM): nah...
archezus (8/1/2008 5:32:18PM): trs kalo ke di QRHndbook emangnye ada apan
xxxxxxx (8/1/2008 5:32:35PM): mereka tinggal ikutin step2 di situ aje
xxxxxxx (8/1/2008 5:32:49PM): kan ada step2 and caution /warning etc
xxxxxxx (8/1/2008 5:33:10PM): apa yg mesti mereka lakuin..sekalian kordinasi /bagi tugas
archezus (8/1/20085:33:12PM): step2 sebelum nyalain ATT
archezus (8/1/20085:33:13PM): ?
xxxxxxx (8/1/2008 5:33:22PM): jangan dua2 nya ngurusin masalah itu
xxxxxxx (8/1/2008 5:33:33PM): jadi mereka itu dua2 nya sibuk
xxxxxxx (8/1/2008 5:33:42PM): padahal pas mreka pindahin switch ke ATT
xxxxxxx (8/1/2008 5:34:13PM): musti ada satu yg nerbangin pesawat PAKE INSTRUMENT KONVENSIONAL
xxxxxxx (8/1/2008 5:34:38PM): mestinya capten yg tetep terbang, karena instrument itu ada di kiri depannya kapten
archezus (8/1/20085:35:00PM): ach so..
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:01PM): jadi pas IRS di pindahin ke ATT pesawatnya "dive sendiri
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:23PM): jadi pesawatnya belok tajem....makanya ada warning..
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:30PM): "bank angle
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:32PM): bang angle
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:36PM): ya kan
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:39PM): terus ....
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:44PM): bunyi kletek2 itu
xxxxxxx (8/1/2008 5:35:53PM): itu "high speed warning"
archezus (8/1/20085:36:01PM): o gitu
xxxxxxx (8/1/2008 5:36:05PM): karena pesawtnya udah belok tajem and DIVE
xxxxxxx (8/1/2008 5:36:22PM): pas dive semakin dalem udah uncontroll
xxxxxxx (8/1/2008 5:36:41PM): mungkin ada yg patah pas mereka "pull up"
archezus (8/1/20085:36:42PM): karena gak ada yang nyetir manual dari awal kan
xxxxxxx (8/1/2008 5:37:01PM): iye, khususnya pas mereka switch IRS ke ATT
xxxxxxx (8/1/2008 5:37:34PM): karena display utama bakal ilang beberapa detik, saat itu musti ada yg terbang pake artificial horizon konvensional
xxxxxxx (8/1/2008 5:37:53PM): gitu deh
xxxxxxx (8/1/2008 5:38:02PM): susah juga ,mau di bilang sepele
xxxxxxx (8/1/2008 5:38:11PM): konsekwensinya gede
xxxxxxx (8/1/2008 5:38:42PM): ada pertanyaan??
xxxxxxx (8/1/2008 5:38:47PM): gw mau balik nih
archezus (8/1/2008 5:38:54PM): ya udin..
-----------
archezus (8/1/2008 5:39:20PM): brarti salah prosedur
xxxxxxx (8/1/2008 5:40:05PM): bisa jadi, tapi kan di latar belakangnya mgnkn ada yg komplex
xxxxxxx (8/1/2008 5:40:13PM): ga tau dah
xxxxxxx (8/1/2008 5:40:39PM): kalo mau evaluasi gak "dalem2" yaaa bisa aje salah prosedur
archezus (8/1/2008 5:40:56PM): ya udeh.. pesawatnye juga kali yang tuir
xxxxxxx (8/1/2008 5:41:09PM): bisa aje
xxxxxxx (8/1/2008 5:41:28PM): gw juga pernah IRS and FMC gw ngadat
archezus (8/1/20085:41:28PM): trus pilotnye ngandelin pesawat
xxxxxxx (8/1/2008 5:41:36PM): maksud
archezus (8/1/20085:41:54PM): ngandelin yang otopilot
archezus (8/1/20085:42:03PM): kebiasaan...jadinye yang manual lupa
xxxxxxx (8/1/2008 5:42:18PM): bukan soal handlng manual deh
xxxxxxx (8/1/2008 5:42:35PM): mreka kalo di suruh terbang manual juga gak bakal masalah
xxxxxxx (8/1/2008 5:42:52PM): cuma masalah "proper handling of problem"
Cetak Artikel ini
10 komentar:
jadi???? siapakah yang salah???? :P
@uNieQ : Yang jelas, yang salah itu yang di penjara...
aku juga dah dapat infi ini sih. kebetulan temanku satu tim yag waktu itu ngeliput berita ini dapat rekaman itu. btw, sorry baru mampir mas. maklum deadline akhir jadi gak isa diganggu gugat
ngeriii
Belum ada titik terangnya nie cuman pendapat atau obrolan saja kayaknya :D tapi cukuplah dijadikan sebagai bukti
@dian; Thanks... gpp cici.. kapanpun mau mampir silahkan..
@masenchipz; ....tragis
@kapanpun; betul kawan.. itu cuma obrolan orang yg katanya seh pilot mencoba untuk analisa..
thank nich infonya.. btw, serem jg ya.. jd atut.. hehe
@Benny Andhika; trims for komen... jgn atut.. ntar kentut... wkwkwkwk..
etha ga ngerti deh ... jadi semakin binun :t
g mudeng saya mas maaf
tapi gwa tetep komentar salamkena
byme http://insitelink.com
Post a Comment